Prinsip Desain Rumah Minimalis Ala Jepang Yang Patut Ditiru

Satu kata yang tepat untuk mewakili desain rumah minimalis ala jepang, sederhana. Ya, kesederhanaan dengan view yang memperlihatkan kondisi yang damai dan nyaman membuat banyak designer rumah menirukan desain para arsitek jepang. Tradisi jepang mempengaruhi arsitektur rumah dan estetika interior rumah jepang, yang membuat lingkungan menjadi tenang dan bernilai historis yang tinggi.

Gaya rumah jepang berkembang dengan menonjolkan warna yang bersih dan bebas dari kekacauan, hal ini bisa dilihat dari tradisi jepang sendiri yang menjaga keseimbangan, ketertiban, tradisi kuno, dan cinta akan keindahan alam. Oleh karena kebiasaan dan adat orang jepang inilah, ketika semua aspek dimasukkan dalam sebuah desain rumah menjadi konsep yang menyatu dan bisa diterima oleh semua kalangan.

Gaya rumah jepang sendiri cenderung kecil dan teletak berdampetan antara satu sama lain, ntah itu di kota maupun di pedesaan. Karakter utama dari rumah tradisional jepang itu mengedepankan privasi, cahaya alami, perlindungan, dan keterkaitan dengan alam bebas. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut detail desain rumah jepang, simak dengan baik- baik penjelasan polarumah.com ini.

  1. Gerbang depan

Gerbang utama rumah jepang biasanya lebih terlihat simpel namun efisien, sebab pintu hanya terlihat gerbangnya saja dan tidak memperlihatkan seluruh bentuk isi rumahnya. Dimana semua pintu dan gerbangnya selalu memadukan garis vertical dan horizontal saja.

  1. Batas privasi

Gerbang rumah jepang biasanya akan sedikit lebih jauh dari jalanan, sehingga mengentalkan bentuk privasi penggunanya.

  1. Atap lebar

Umumnya atap tradisional jepang dirancang untuk mengalirkan aliran deras air hujan, sehingga memungkinkan penghuninya membuka pintu saat hujan namun tidak takut air hujan akan masuk.

  1. Beranda luas

Selain menjadi penghubung suatu ruangan, beranda yang dikenal sebagai engawa ini juga berfungsi sebagai pembatas antara ruangan dalam dan luar. Beranda ini juga berfungsi sebagai pemaksimalkan cahaya dan udara didalam rumah.

  1. Alam dalam ruangan

Budaya jepang memang sangat terasa menyatu dengan alam, desain rumah jepang selalu menunjukkan kecintaanya pada alam sehingga didalam rumah akan ada tanaman sebagai bukti kecintaan pada alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *